iklan

Alasan Tali Pocong Harus Dilepas Sebelum Menguburkan, Ini Yang Akan Terjadi

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Alasan Tali Pocong Harus Dilepas Sebelum Menguburkan, Ini Yang Akan Terjadi

Kita tentu kerap mendengar kalau tali pocong yg tidak dilepaskan dapat mengakibatkan pocong bergentayangan. Ini sering jadi bahan untuk film-film yang menanyangkan hantu pocong. Apakah benar hal semacam itu atau itu hanya mitos?

Bagaimana Islam melihat pelepasan tali pocong?

Hal semacam ini utama untuk di ketahui agar tak ada mitos atau khurafat yang menghubungkan satu momen dengan momen lain yang tidak masuk akal.

Website Nu. On-line menerangkan kalau muslim yang sudah wafat mesti melepas semuanya yang ada pada badannya seperti baju, sepatu serta aksesori lain. Maksudnya adalah untuk memudahkan jenazah saat akan dimandikan.

Maksud ke-2 yakni untuk melonggarkan semuanya kesusahan serta melepas beberapa hal yang berbentuk duniawi. Tidak cuma baju, aksesori serta perhiasan seperti cicin, anting, gelang serta bahkan juga tali pocong harus juga dilepaskan.

Apa sebagai dasarnya :

Nihayatul Muhtaj menjelaskan :
Dia beli mobil batman sesudah memperoleh 10 milyar semalam
“Jika mayat sudah di taruh dalam pendam, jadi lepaskanlah semuanya ikatan pada badannya untuk membebaskan semuanya dari kesusahan di alam Barzah. Makruh hukumnya bila ada suatu hal yang masihlah mengikat badan jenazah baik jenazah anak-anak ataupun dewasa. ”

Lantas apa maksud ini dikerjakan pada anak-anak? Mereka kan tak mempunyai dosa. Syekh Ali Syibromalisi menjelaskan kalau melepas ikatan pada badan tidak selamanya punya maksud melonggarkan semuanya dosa-dosanya.

Hasyiyah al-Qalyubi I/384 mengatakan kalau “Ketika di taruh didalam pendam, jadi ikatannya baiknya dilepaskan. Yang dilepaskan tali-tali pengikatnya saja, bukanlah kafannya. Dengan dielpaskan ikatan kafan, diinginkan ‘bencana’ pada mayat juga lepas. ”

Pustaka Sunni-Salafiyah juga menerangkan :

Satu diantara tata langkah menguburkan jenazah yaitu melepas ikatan kafan pada kepala mayat serta buka kafan yang menutupi pipi mayat lantas melekatkannya pada tanah. Radar Islam/Nu. or. id
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Alasan Tali Pocong Harus Dilepas Sebelum Menguburkan, Ini Yang Akan Terjadi"

Posting Komentar